Minggu

Api penyulut kata-kata motivasi agar menyalakan action tindakan

Yah, antara action dan tindakan pada headline diatas podo-wae (sama) ,saya tulis biar kelihatan penuh dan lugas aja, hehe.
Sekarang saya akan membicarakan tahapan lanjut tentang yang namanya suatu kata-kata motivasi atau petuah or gagasan ataupun inspirasi (sama aja) , tentang usaha bagaimana caranya setelah kita mendapatkan suatu motivasi/inspirasi dan supaya kita punya kemampuan merealisasikannya, apa gunanya menghapal ratusan/ribuan kata-kata bijak dan motivatif tapi pada kenyataanya semua kata kebijakan itu tak bisa kita realisasikan dan tak bisa menolong permasalahan kita.

Sebelum jauh saya membahas saya katakan dulu bahwa satu-satunya rahasia dari semua itu terletak pada "Why" (mengapa) ,
"Mengapa saya menginginkan itu, seberapa pentingkah hal itu untuk saya lakukan,haruskah saya lakukan, kenapa harus saya lakukan....?"
Ya, jadi intinya adalah "sebuah alasan" pada diri anda seutuhnya , yang akan menentukan seberapa berhasil anda, dan seberapa berpengaruh suatu kata motivasi bisa menyalakan action anda.
Power seseorang dalam diri terletak dalam sebuah wadah yang bernama "alasan diri" atau "pengakuan diri" , jika wadah itu besar maka akan bisa menampung motivasi dan kemauan yang besar pula, sebaliknya jika wadah(alasan) motivasi-kemauan anda kecil dan sempit, maka bagaimana bisa di masuki motivasi yang besar sebagai bahan bakar action anda untuk melakukan berbagai aktivitas.

Sebagai contoh kasus saya ambil pengalaman saya sendiri saja:
Sekitar era tahun 1998 waktu internet mulai masuk di indonesia, saya sudah mulai tertarik mencoba berbagai peluang bisnis online, dan selalu gagal tak pernah mencapai yang namanya sukses, yang ada malah menghabiskan uang banyak buat biaya internet dan mencoba membeli berbagai product online bisnis, tapi saya tak pernah kapok, sselalu terus mencoba, dan sampai sekitar tahun 2005 masih bercinta dengan kegagalan...why..? apakah saya tak belajar dari kesalahan/kegagalan...? , bukan ,saya selalu belajar dari kesalahan dan selalu mencoba dengan cara-cara baru. Dan jawabanya adalah seperti yang saya katakan di atas, yaitu "alasan diri" , karena waktu itu saya masih bekerja sebagai tenaga IT di beberapa kantor, meski tidak karyawan tetap tapi punya kontrak kerja , jadi tetap saja namanya terikat, dan bisnis online yang sy geluti dengan jatuh bangun itu dalam hati saya hanya sebagai percobaan atau selingan, atau intinya sy tidak serius dan sepenuh hati menjalani itu, sya tidak pernah bertanya kepada diri sendiri tentang mengapa melakukan itu, seberapa pentingkah, dan haruskah saya mesti sukses..., sehingga karena alasan diri saya yang lemah untuk bisnis online tersebut maka secara tidak sadar saya telah memperkecil wadah motivasi diri saya sendiri untuk di masuki motivasi dan kemauan yang besar sebagai bahan bakar bertindak yang sukses.
Dan setelah, saya mengoreksi kejiwaan saya tersebut dan memperbaikinya, dengan menjawab alasan diri di atas dengan : bahwa saya harus lakukan itu dan penting, alasannya karena itu adalah impian dan visi saya sejak lama, apapun resikonya harus saya lakukan, dan sebulan setelah saya memutuskan alasan diri tersebut , saya megambil keputusan untuk pensiun dari menangani berbagai pekerjan lama saya, dan fokus pada bisnis online dan ngeblog, dan semuanya menjadi lebih mudah , hampir tak ada kegagalan dan maslah yang berarti, karena saya membuka wadah motivasi (alasan diri) yang se-lebar-lebarnya untuk untuk di isi kemauan dan motivasi kesuksesan dalam bisnis online . alhamdulillah bisa untuk biaya hidup tanpa tergantung lagi dengan profesi lama.

Contoh kasus di atas adalah dalam bisang bisnis online, untuk bidang lainnya sama saja, dalam bidang percintaan, pekerjaan, atau lainnya, bahwa alasan diri adalah yang terpenting sebelum mencerna suatu gagasan atau motivasi, karena alasan diri adalah bentuk nyata dari pengakuan anda terhadap diri sendiri. tanpa memiliki alasan diri yang benar, malah bisa menjadi korban doktrin kekejaman para motivator. lihat saja anak-anak muda (sales) yang berjalan kaki ,memakai dasi, pakaian model eksekutif ,sambil menawar berbagai dagangan sisir, tas, panci, lalu, berbicara sana-sini dalam rangka usaha membuat orang membeli dagangannya . yah mereka adalah korban para motivator marketing yang mendoktrin anak-anak muda itu dengan berbagai kata-kata motivasi supaya mereka tersulut semangatnya dan mau menjal barang apa saja yang di kehendaki sang motivator. Ya, anak-anak ini tak bertanya pada diri-nya sendiri, haruskah saya lakukan ini, pentingkah, dan mengapa saya mau melakukannya...bla..bla..bla...panjang dah..

Kenapa dan bagaimana sebuah fakta yang nampak sepele bernama alasan (why) melakukan sesuatu itu , saya katakan paling penting...?
- Karena pikiran manusia terbagi dalam 2 system, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar, dan sebuah fakta bahwa justru dalam pikiran bawah sadar manusia-lah di atas 90% potensi power manusia tersimpan . secara psikologi semua yang terjadi dan kita lihat di kehidupan nya ta ini adalah refleksi/pantulan lurus dari dunia bawah sadar . dan ketika anda membuat suatu pernyataan dan jawaban tentang mengapa(why) saya melakukan itu, haruskah,seberapa pentingkah, maka saat itulah terbentuk koneksi dan komitmen dengan alam pikiran bwah sadar anda. dan jika tanpa melakukan pernyataan (alasan diri) tersebut, maka pikiran bawah sadar akan mendukung aktivitas yang di lakukan pikiran sadar dengan pola berdasarkan klasifikasi pikiran dominan dalam kebiasaan anda . seperti menyimpan file dalam PC anda, bila terbiasa menggunakan "save" dengan setingan default tujuan penyimpanan di MyDocumments, maka apapun yang anda save akan masuk ke "Mydocuments" , nanti saat memerlukan data keder sendiri mencarinya . akan lain jika kita membuat folder-folder sendiri khusus untuk jenis-jenis file, misalnya gambar, artikel , kerjaan kantor...dsj...maka semuanya akan lebih mudah dan lebih baik.

Sekian dulu tulisan ini, sudah kelewat panjang. mungkin nanti di sambung lagi pada posting selanjutnya.
Related :
- Pentingnya motivasi yang kuat untuk stop dreaming dan start action
- Stop Dreaming Start Action

3 komentar:

  1. Luar biasa pak tulisanya. Saya mohon diperbanyak lagi yah pak karena hasil pemikiran bapak luar biasa..Bersediakah bila saya belajar dari bapak. sebelumnya thanks pak...Sukses selalu.

    BalasHapus
  2. @ferimalwa :
    terimakasih banyak, semoga sukses untuk anda :)

    @babtista:
    terima kasih banyak ucapan penghargaanya ,anda juga pasti seorang yg memiliki sesuatu yg luar biasa , sy akan berusaha membuat artikel setema ini jika punya ide.

    sy bukan guru ,lebih tepatnya kita bisa sama2 belajar/sharing... dengan senang hati bersedia sharing dengan anda .silahkan chek out link berikut : Konsultasi gratis untuk pembaca indonesia
    :)

    BalasHapus
  3. luar biasa mas iwan ,,, sangat memukau hati ku kata-katanya..
    salam kenal dari saya
    follow me : http://wildanadibi.co.cc/

    BalasHapus