Blog Motivasi, Mutiara Kata Cinta, Inspirasi
Hari ini adalah refleksi hari kemarin....

"If you fill your heart with regrets of yesterday and the worries of tomorrow, you have no today to be thankful for"

Arti hidup,Agama dan makna Tuhan - Kata-kata mutiara renungan

arti hidupMotivasi dan inspirasi saya menulis topik ini adalah, dari melihat masih banyaknya dan makin banyak orang-orang yang saling memperdebatkan tentang eksistensi Agama dan Tuhan , mungkin anda pun sudah sering menemui banyak sekali artikel yang ditulis dengan tema menjelek-jelekan (mendiskriditkan) agama atau kepercayaan lain, merasa dirinya benar dan yang lain salah....dan juga di dunia nyata juga bukan hal asing lagi tentang masalah kerusuhan yang disebabkan oleh faktor sinisme kepada kepercayaan lain ini .

Sangat di sayangkan dan memprihatinkan, bahwa suatu konsep sakral dan suci yang namanya agama, yang harusnya di sucikan,dijunjung tinggi dan di arahkan untuk menciptakan kedamaian,dan kebahagiaan.. tapi malah di perlakukan seperti konsep murahan untuk bahan keributan.

Misalkan saya sekarang memeluk agama A ,
- Kenapa saya memeluk agama A..? apakah karena awalnya saya yakin sekali bahwa A adalah yang terbaik...?
* Seorang anak TK pun tau bahwa jawaban umum dan paling logis kenapa manusia bisa memeluk suatu agama adalah faktor keturunan , saya ,atau anda, atau siapapun muslim, karena orang tuanya muslim , dan manusia nongol ke planet bumi ini tidak mengisi formulir kelahiran dahulu kepada Tuhan, mau lahir di mana dan dari perutnya siapa , kalau saya lahir dari perutnya orang pedalaman primitif, mungkin agama saya animisme (menyembah gunung dan pohon) , kalau saya nongol dari perutnya Ratu Elizabeth maka saya seorang pangeran :D , dan beragama nasrani.

Agama apa yang paling benar...?
- Jawabanya sama dengan "pakaian apa yang paling bagus" . Tanyalah kepada suku eskimo di kutub utara "pakaian apa yang paling baik dan bagus" , lalu tanyakan lagi kepada suku asmat atau suku Dani di irian jaya, tanyakan juga ke orang paris, Turki ,Afrika...maka anda akan mendapatkan jawaban yang berbeda tentang pakaian yang paling bagus dan baik untuk di pakai dan melindungi tubuh.

- Agama adalah pakaian Jiwa yang manfaat dan kebenarannya hanya bisa dirasakan bagi yang memakainya .

- Agama adalah pedoman spiritual untuk membimbing hidup dalam bentuk norma, bukan konsep matematika atau formula fisika-kimia , yang bisa di telaah secara nalar logika otak akan kebenaranya , kebenaran agama hanya bisa dimengerti dan dirasakan dengan sentuhan hati dan jiwa yang terisi kasih-sayang, bukan rasio.

- Agama adalah peta peta petunjuk jiwa..bukan peraturan/undang-undang pemerintah dengan ketetapan begini dan begitu.

- Agama di turunkan untuk kepentingan manusia sendiri, karena Tuhan adalah Zat yang tidak membutuhkan apapun , meskipun semua manusia durhaka, membuat malapetaka, dan tak kenal Tuhan, hal itu tak berpengaruh apapun kepada eksistensi Sang Pencipta, tapi manusia itu sendiri yang rugi dan pasti hancur.

-Orang-orang yang suka bersikap sinisme kepada keyakinan lain adalah "orang bodoh yang sok pinter dan kadar emosi/ambisi dalam dirinya lebih besar di banding kadar kasih sayang-nya" , karena untuk menyentuh masalah Agama dan Tuhan harus menggunakan hati yang iklas dan terisi kasih sayang (kecuali untuk menghitung hutang).

- Jika ada yang bertanya kepada saya tentang kebenaran dan agama, maka akan saya tanya kembali "mengapa dan untuk apa pertanyaan itu, jika untuk sharing dari hati-ke hati demi tujuan hidup ,maka kita ngobrol ,karena sharing memang hakekat persaudaraan manusia...tapi jika untuk berdebat tentang nilai-nilai kebenaran, maka silahkan bertanya pada semut-semut di pohon"
Jika anda menemui orang-orang yang menjelek-jelekan keyakinan anda, maka tanyakan kepadanya ," berapa jumlah bulu ketiak-ku, dan bisakah matamu melihat warna celana dalam ku, sebelum kamu mengatakan sesuatu yang paling tinggi dan tak nampak" , dan lalu maklum, berjiwa besar-lah, bahwa orang2 itu adalah orang2 yang sedang menjerit dalam jiwanya.

Untuk orang-orang yang suka jadi provokator dan meng-olok2 keyakinan orang, sadarlah bahwa pasti anda jenis manusia yang tak berguna dan belum memberikan karya apapun kepada umat manusia, hanya bisa menciptakan kerusuhan tak pernah bisa menciptakan kedamaian buat orang lain, hanya bisa mencela tapi tak bisa memberi solusi.
Arti hidup dan inti garis besar beragama adalah untuk 2 hal:
  1. Bisa bersyukur/berterima-kasih terhadap karunia dan kenikmatan yang di terima dalam hidup, karena manusia tak pernah menciptakan alam semesta dan kehidupan ini, jadi tak ada alasan untuk tidak merasa berterimakasih terhadap kebahagiaan yang di terima.
  2. Bisa bersabar, iklas,tawakal terhadap masalah/cobaan yang di hadapi . Disinilah saat dimana terasa begitu berartinya suatu keyakinan kepada Tuhan, seorang yang memiliki keyakinan/iman yang kuat akan lebih mampu menghadapi situasi jika sedang dilanda masalah ,karena keyakinannya akan selalu menyalakan api semangat di hatinya, dan membimbing jiwanya.

Sekian artikel "Kata-kata mutiara renungan hidup" dalam rangka mengembalikan jati diri bangsa (sekalian colek kontes seo) , selamat idul fitri untuk yang beragama islam...
Minal 'Aidin wal-Faizin

"Download lagu mp3" tuhan tolong

technorati

19 komentar:

Anonim mengatakan...

keren bgt gan...........jika semua umat manusia berpikir seperti ini, maka tercapilah kerukunan antar umat beragama....terimakasih gan....Tuhan memberkati.....

SkyNet mengatakan...

sblumnya sya ingin brtnya, artikel anda ini boleh copas dimana mas?? sya ingin tnya, trus agama anda sndri apa? islam?? tpi artikel anda ini tdak mncerminkan bhwa anda seoraang muslim, jstru hnya brsikap netral. bersikap netral trhdap suatu pndangan agama adalh sbuah skap seorang non muslim mnrut sya. jika anda memang seorang muslim mhon agak sdkit di prtegas tulisan anda ini bhwa agama islam adlah agma yg bnar. terima kasih sblumm nya..

Anonim mengatakan...

SkyNet, apa buktinya pernyataan anda benar? Paling2 yang bisa anda tunjukkan hanya keyakinan tanpa bukti berdasarkan Kitab saja. Bila tidak ada bukti, mari kita beri kesempatan agama yang lain berdiri berdampingan, dan biarkan manusia2 nya memilih. Biarlah pandangan anda menjadi pandangan anda sendiri, tidak usah dipaksakan. Nanti saatnya kelak Islam akan kuat, menguasai dunia, dan memaksa semua orang memeluk Islam, nah barulah kiamat tiba...

Anonim mengatakan...

heeeuumm,,top bgtz dah,, renungan suci,,

Admin mengatakan...

To SkyNet: artikel saya ini bukan hasil copas, apa yg saya tulis bukan urusan anda, ..apa agama saya juga bukan urusan anda...dan tidak ada yg mengundang anda untuk membaca tulisan ini..

Jika anda orang yang sedikit saja berpendidikan atau sedikit punya rasa rendah hati, tentu bisa melihat dengan jelas bahwa artikel ini sama sekali tidak membahas topik dari suatu agama, tapi lebih pada filosofi umum dan budaya berfikir

Anonim mengatakan...

Admin, wah ternyata anda sangat tegas dan saklek dalam menerima kritikan dari SkyNet hehehe saya jadi takut mau tanya dan berdiskusi. ada sesuatu yang mau saya tanyakan kepda anda tentang sesuatu yg mengganjal dalam pikiran saya selama ini terkait topik diatas yg mana setelah membaca artikel anda saya merasa mendapat secercah penerangan. bolehkah? termima kasih sebelumnya

admin mengatakan...

To: Anonim

Hehe , anda bisa aja...maaf kalau jawaban saya diatas dinilai saklek, tapi maksud saya cuma memperjelas dan mempertegas bahwa dalam tulisan saya sama sekali tidak menunjuk/menyinggung personalisasi seseorang, jadi ga nyambung dengan argumen saudara skynet diatas...apalagi pertanyaan pertamanya tentang "artikel copas" itu, yang jelas mengidentifikasiakan sikap tidak bersahabat, apalagi niat berdiskusi...Jadi jelas bukan mana orang yg mau berdiskusi atau orang yg cuma mau melecehkan?

Tentu saja sebagai penulis saya senang sharing dan berdiskusi, saya senang berdiskusi kepada orang yang merasa dirinya berilmu dan mau memberikan penerangan, saya juga senang berdiskusi kepada orang yg merasa dirinya bodoh tapi ingin pinter dan menjadi lebih baik (seperti saya). Tapi saya memang tidak mau membuang-buang waktu untuk melayani orang yg cuma sok tau yg cuma senang menjustifikasi dan mengobok-obok keburukan orang/sesuatu tanpa ada indikasi positif untuk membangun..

Terima kasih...

Anonim mengatakan...

setuju... tapi banyak sekali saat ini org2 mengatas namakan "agama" untuk urusan egoisme semata, mengangap agamanya paling benar sehingga memusuhi agama lain. menurut saya semua agama itu benar selagi itu bersumber dan menuju pada satu arah kebenaran yaitu Tuhan. dan saya yakin tidak satupun agama yang mengajarkan kebobrokan. itu hanyalah egoisme semata.

Anonim mengatakan...

saya spendapat dengan sang penulis. pesan kepada semua..... jika anda sudah mencapai pada kesadaran energi (tuhan) maka tiada arti apa itu media (AGAMA) jika kurang mengerti dengan comment sy .... kirim email .... bagusadis@yahoo.com akan sy sharing apa yg sy punya....

anton tr mengatakan...

bagus,,, gan,, memang lebih baik,, jadi diri sendiri,, ketimbang jadi''an,,,, dan agama atau keyakitan bukanlah suatu hal yang harus atau wajib di perdebatkan,,,, lain manusia sudah pasti lain pandangang yang pasti TUHAN ITU ESA,,,, dan ada di hati,,,, kita masing"(individualisme)

anton tr mengatakan...

bagus gan,,,, lebih baik jadi diri sendiri,, dari pada jadi''an,,, and keyakinan/agama,, bukanlah suatu hal yang harus di paksakan atau,, di perdebatkan,,,,,, karena TUHAN ITU ESA dan ada dalam hati kita masing-masing (individuaisme)

Ikmarioz mengatakan...

Tiada Tuhan Selain Allah.. Muhammad Utusan Allah..

Anonim mengatakan...

Tiada agama yang benar selain dari agama yang lengkap ajarannya. cuba anda refer kepada kitab kitab kepercayaan anda. Apa yang terlarang dan apa yang digalakkannya? Adakah kitab ajaran tuhan kamu benar? Adakah ajaran agama kamu benar dan lengkap? Cuba anda refer kpda kitab suci kami iaitu kitab suci al'quran nurqorim. Apa yang tuhan kami larang, apa yang tuhan kami galakkan, dan cari apa tujuan larangannya dan tujuan galakannya keatas sesuatu perkara tersebut.

islam damai mengatakan...

alquran itu benar berasal dari tuhan, karena tertulis dalam ayat alquran itu benar berasal dari tuhan, karena tertulis dalam ayat alquran itu benar.... dst

klo mau baca alquran maknailah ayat itu dng hati yg damai bro, hati" godaan setan
klo sudah selesai membaca dan memaknai dng perasaan yg damai
bacalah kitap suci agama lain adakah kitap suci agama lain yg tdk mengajarkan adanya sang maha pencipta dan ke esa'an ilahi?

satu lgi apakah nabi muhamad mengajarkan pengikutnya untuk mencela agama yg mempercayai sangpencipta?

islam damai mengatakan...

alquran itu benar berasal dari tuhan, karena tertulis dalam ayat alquran itu benar berasal dari tuhan, karena tertulis dalam ayat alquran itu benar.... dst

klo mau baca alquran maknailah ayat itu dng hati yg damai bro, hati" godaan setan
klo sudah selesai membaca dan memaknai dng perasaan yg damai
bacalah kitap suci agama lain adakah kitap suci agama lain yg tdk mengajarkan adanya sang maha pencipta dan ke esa'an ilahi?

satu lgi apakah nabi muhamad mengajarkan pengikutnya untuk mencela agama yg mempercayai sangpencipta?

islam damai mengatakan...

alquran itu benar berasal dari tuhan, karena tertulis dalam ayat alquran itu benar berasal dari tuhan, karena tertulis dalam ayat alquran itu benar.... dst

klo mau baca alquran maknailah ayat itu dng hati yg damai bro, hati" godaan setan
klo sudah selesai membaca dan mema alquran itu benar berasal dari tuhan, karena tertulis dalam ayat alquran itu benar berasal dari tuhan, karena tertulis dalam ayat alquran itu benar.... dst

klo mau baca alquran maknailah ayat itu dng hati yg damai bro, hati" godaan setan
klo sudah selesai membaca dan memaknai dng perasaan yg damai
bacalah kitap suci agama lain adakah kitap suci agama lain yg tdk mengajarkan adanya sang maha pencipta dan ke esa'an ilahi?

satu lgi apakah nabi muhamad mengajarkan pengikutnya untuk mencela agama yg mempercayai sangpencipta?
knai dng perasaan yg damai
bacalah kitap suci agama lain adakah kitap suci agama lain yg tdk mengajarkan adanya sang maha pencipta dan ke esa'an ilahi?

satu lgi apakah nabi muhamad mengajarkan pengikutnya untuk mencela agama lain yg mempercayai sangpencipta?

Anonim mengatakan...

artikel yg bgus.sya sngat suka dn stuju dngan anda.

Bahoxs { didi } mengatakan...

Artikel kren , GOOD LUCK

Bahoxs { didi } mengatakan...

Artikel kren , GOOD LUCK

Poskan Komentar

Langganan Artikel Via Email

Masukan email anda:

Delivered by FeedBurner

Komentar

 

tengkorak sakti::indonesia 7::Bisnis Online::::Cisalak