Sabtu

Search Engine Islami i'm Halal

Sekedar info aja barangkali ada yang belum tau tentang I'm Halal atau www.imhalal.com , yaitu sebuah mesin pencari (search engine) islami pertama di dunia yang digagas oleh seorang mahasiswa Amsterdam (Belanda) Reza Sardeha, mahasiswa manajemen bisnis yang baru berusia 20 tahun.

Buat saya pemuda 20 tahun ini patut dicontoh insan muslim sebagai tindakan nyata yang membangun dunia Islam. ketimbang orang-orang yang hanya sibuk meneriakan berbagai kampanye dalil untuk menelanjangi keburukan isi dunia.

Peluncuran the first Islamic search engine ini mendapat tanggapan luar biasa bukan hanya dari kalangan muslim , tapi juga dari kalangan non-muslim , seperti yang dikatakan sang founder kepada The Times "Kami mendapatkan sejumlah respons positif dari non-muslim yang mengatakan akan menggunakan ImHalal.com sebagai homepage agar anak-anak mereka surfing di internet tanpa membuka halaman yang kotor"

Sang founder ImHalal.com, Reza Sardeha mengatakan bahwa dia memperoleh gagasan membuat website ini setelah dia dan kawannya berselancar di mesin pencari saat mencari konten-konten yang lebih spesifik pada mesin pencari konvensional seperti Yahoo! dan Google.

Algoritma search engine Im halal ini bekerja dengan menempatkan istilah pencarian yang diberikan "level haram" yang menunjukkan kemungkinan hasil yang muncul menyentuh hal yang dilarang oleh Islam.

Filter yang dipakai bersifat statis tetapi terdiri dari tiga lapisan yang berbeda yang berfungsi untuk memberikan pengguna sebuah mesin pencari yang sebaik mungkin.

"Imhalal bukan diktator atau sensor situs web, kami ingin orang-orang dapat melanjutkan pencarian online mereka," komentar Sardeha.

Lanjut Sardeha mengatakan , "Pertama, kami telah mem-blok seluruh konten yang secara eksplisit bermuatan seksual. Untuk itu, sebelumnya kami juga telah berdiskusi dengan beberapa Imam (ulama) untuk menentukan mana yang haram sehingga harus diblok." dan "Untuk pencarian istilah babi, binatang yang tidak boleh dimakan akan mengeluarkan peringatan bahwa kata tersebut masuk sebagai “haram level satu”, dan si pemakai diberitahu bahwa hasil tidak baik. Pengguna tersebut kemudian diberi pilihan untuk melihat hasil lainnya atau mengganti pencariannya".

"Kami berharap bahwa dalam waktu sekitar satu tahun search engine kami akan menjadi yang paling banyak digunakan di Timur Tengah dan menjadi search engine ketiga yang paling banyak digunakan di dunia," kata Sardeha. “Selain pencarian (konten) kami akan menggelar layanan tambahan dalam waktu dekat seperti Widgets Islam," , ujar Sardeha melanjutkan

Oke, Informasi lebih lengkap tentang Im Halal ini bisa anda baca-baca di www.imhalal.com/blog

1 komentar: